Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Pernah melihat teman Anda berfoto di atas menara pohon sambil menikmati pemandangan seperti gambar di bawah ini?

menara pohon kalibiru

Salah satu tempat yang akhir-akhir ini sedang booming di sosmed karena tempatnya yang fotoable banget, yaitu wisata alam Kalibiru yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Sejarah Singkat


Desa Wisata Kalibiru ini dibuka pada tahun 2008 oleh masyarakat setempat secara swadaya. Diawali dengan membangun jalan setapak, kemudian pembangunan fasilitas lain seperti cottage, joglo pertemuan, sarana MCK, gardu pandang, dan flying fox.

Menurut Parjan, Ketua LINGKAR (Komunitas Peduli Lingkungan Alam Lestari), komunitas yang mengelola Wisata Alam Kalibiru, mengatakan bahwa pembukaan lokasi menjadi desa wisata ini harus mendapatkan persetujuan dari Departemen Kehutanan.

desa wisata kalibiru

Lokasi dan Topografi



Wisata Alam Kalibiru terletak di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Termasuk ke kawasan perbukitan Menoreh, Kulon Progo, dengan ketinggian +- 450 mdpl, jadi suasana di sini cukup sejuk dan udaranya juga segar.

Transportasi


Transportasi umum yang bisa mengantarkan Anda hingga tiba di lokasi adalah angkutan umum dilanjutkan naik ojek. Untuk lebih praktisnya, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, atau Anda dapat menyewa motor atau mobil terlebih dahulu. Penyewaan motor berkisar antara Rp40.000,- hingga Rp100.000,- untuk seharian penuh tergantung di mana Anda menyewanya.

Akses dan Rute


Rute yang Anda tempuh +- 40KM dari pusat kota Yogyakarta, atau +- 10KM dari Wates. Anda dapat mengandalkan GPS (Global Positioning System) atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Tiket Masuk


Perkirakan berapa uang tunai yang harus Anda bawa selama di Desa Wisata Kalibiru karena di sekitar lokasi belum terdapat ATM. Di bawah ini adalah tabel informasi biaya-biaya fasilitas di lokasi.

No Jenis Tiket Nominal Keterangan
1. Retribusi Rp3.000,00/org Berasuransi
2. Parkir Roda 2 Rp2.000,00
3. Parkir Roda 4 Rp10.000,00
4. Penginapan Rp150.000,00/malam
5. Joglo Rp150.000,00/acara
6. Menara Pohon Rp10.000,00/org/5 menit
7. Flying Fox Rp25.000,00/org

wisata alam kalibiru

Fasilitas

Cottage (Pondok Wisata)

Jika Anda memiliki waktu lebih untuk menikmati dengan Desa Wisata Kalibiru, Anda dapat menginap di penginapan (homestay) yang didesain layaknya rumah-rumah di perkampungan Jawa kuno. Rumah yang dibangun dengan bahan baku kayu ini tersedia 6 unit dengan kapasitas masing-masing dapat menampung 10-15 orang.

Joglo Pertemuan

Misalkan Anda dan keluarga atau rekan kantor mengadakan gathering atau rapat dengan suasana khas perbukitan, Anda dapat menyewa tempat ini untuk acara Anda.

Gardu Panjang

Tempat ini membuat Anda lebih leluasa untuk mengamati kawasan perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo.

Perpustakaan

Keberadaan perpustakaan ini sangat berperan dalam pola pikir masyarakat sekitar menjadi lebih maju.

Musholla

Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk sholat.

Tempat Parkir

Tempat parkir yang lumayan luas dan nyaman, dan lokasinya juga dekat dengan spot wisata.

Flying Fox

Apabila Anda termasuk orang yang bernyali, Anda patut mencoba wahana ini. 2 lintasan flying fox disediakan di sini, panjang lintasan 50m dan 85m.

Jalur Tracking

Rute melingkar di sepanjang kawasan wisata. Di samping sebagai olahraga yang dapat melepas penat, Anda juga dapat menemui flora, bahkan fauna yang sudah langka.

Jalur Dekat (2-3KM) : jalur melingkar dari kawasan -- melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) -- masuk ke pemukiman penduduk -- kembali ke kawasan.

Jalur Menengah (3-4KM) : jalur melingkar dari kawasan -- melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) -- menyisir sungai-sungai kecil di kawasan - masuk ke pemukiman penduduk -- kembali ke kawasan.

Jalur Jauh (4-5KM) : jalur melingkar dari kawasan -- melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) -- menyisir sungai-sungai kecil di kawasan -- masuk ke lokasi Waduk Sermo -- melewati jalan utama/masuk ke pemukiman penduduk -- kembali ke kawasan.

Spot Foto

Inilah fasilitas paling favorit pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Ada 4 buah menara pohon yang tersedia untuk sekedar menikmati pemandangan ataupun berfoto ria. Saat hari libur Anda mungkin bisa mengantri untuk menggunakan fasilitas ini. Tempat ini juga sering digunakan untuk foto pra-wedding.

Tips


- Lebih praktis menggunakan kendaraan pribadi (menyewa)
- Bawalah uang tunai lebih karena akses ATM jauh
- Selalu sedia payung apalagi saat musim hujan
- Pastikan baterai ponsel/kamera Anda terisi penuh
- Jika ingin lebih nyaman, berkunjunglah bukan pada hari libur

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta
Reviewed by ApiIslam on Monday, June 20, 2016
Rating: 5

Post a Comment