Petualangan Bawah Air Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Salah satu tempat wisata yang cukup fenomenal. Bisa Anda lihat sendiri bagaimana orang-orang berfoto dengan gitar, sepeda, TV, laptop, sepeda motor, bahkan camping, dan itu semua dilakukan di bawah air!

motor vespa umbul ponggok

Umbul Ponggok adalah nama tempat wisata fenomenal ini. Di dalamnya terdapat kolam renang air tawar dengan ukuran 70x40m dengan kedalaman 1,5-2,6m. Beningnya air di Umbul Ponggok membuat tempat ini banyak didatangi wisatawan dengan tujuan snorkeling, latihan diving, foto underwater, bahkan foto pre-wedding.

Walaupun terdapat banyak ikan, airnya tidak berbau amis karena letak sumber airnya ada di dasar kolam dan selalu mengalir, jadi kebersihan airnya pun terjamin.

Sejarah Singkat


Asal usul nama Umbul Ponggok berasal dari kata Umbul yang berarti sumber mata air dan Ponggok merupakan nama desa tempat sumber mata air tersebut berada.

Menurut tokoh masyarakat, awal mula nama Desa Ponggok berawal dari para pini sepuh (nenek moyang terdahulu) yang memperkirakan Umbul Ponggok akan menjadi sebuah telaga yang sangat besar dan bisa menggenangi pemukiman penduduk sekitar. Peristiwa munculnya sepasang ikan menyerupai gereh pethek (ikan berwujud kepala dan duri) membuat mereka mendapatkan firasat seperti itu.

Sebagai langkah antisipasi agar Umbul Ponggok tidak membesar dan menyebabkan bencana, oleh para pini sepuh kemudian diadakan pertunjukkan ledhek yang diiringi gamelan lengkap dengan yogo-nya (penabuh).

Namun anehnya sebelum pertunjukan dimulai, semua gamelan hilang secara misterius. Tidak diketahui apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Kemudian datang seekor Burung Pungguk besar yang hinggap di plogrok (pojok Pohon Gayam). Dengan bahasa isyarat, Burung Pungguk tersebut menunjukkan keberadaan salah satu alat gamelan yang menyerupai gong menyumbat sebagian mata air.

Sampai saat ini benda berupa batu yang mirip seperti gong tersebut masih utuh terpelihara dengan baik.

“Untuk mengingat peristiwa tersebut, kemudian oleh para pini sepuh desa ini dinamakan Kampung Ponggok. Sampai sekarang pun mata air yang disebut Umbul Ponggok ini digunakan untuk mandi bahkan dipercayai oleh masyarakat luas merupakan sumber mata air yang suci dan membawa berkah,” tutur Yani.

ikan umbul ponggok

Lokasi



Umbul Ponggok terletak di Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Sekitar 25KM dari Kota Solo.

Transportasi


Tidak ada kendaraan umum yang dapat mengantar Anda sampai ke Umbul Ponggok, jadi satu-satunya cara untuk ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jangan kawatir, akses jalan cukup mudah untuk ditempuh menggunakan motor atau pun mobil karena di sepanjang jalan terdapat penunjuk jalan menuju Desa Ponggok.

Akses dan Rute


Dari Jogja : Carilah GOR Klaten dan ikuti jalan utama menuju Karanganom. Lihat di sepanjang jalan ada penunjuk arah ke Desa Wisata Ponggok. Dari rute ini akan ditemui 3 pertigaan. Pertigaan pertama berada di tengah sawah yang sepi rumah, dari sini belok kanan lalu ikuti jalan utama kembali. Pertigaan kedua cukup ramai, belok kiri di pertigaan kedua ini. Sekitar 50 meter dari pertigaan kedua ada pertigaan ketiga dan di sini harusnya Anda temui penunjuk arah, belok kanan dan ikuti jalan utama. Jika sudah banyak tambak ikan di sisi jalan berarti sudah dekat, Umbul Ponggok berada di kiri jalan.


Dari Solo : Carilah Pasar Delangu. Dari perempatan lampu merah Pasar Delangu maju sekitar 200 meter hingga Toko Olahraga JEMPOL di kanan jalan. Belok kanan dan ikuti jalan di samping toko tersebut. Lurus terus ikuti jalan utama menuju Polanharjo. Cari rambu petunjuk jalan ke arah Klaten kota atau Karanganom sampai Anda menemukan gapura besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK. Tetap ikuti jalan utama hingga masuk perkampungan dan menemukan tugu ikan kemudian belok kiri. Lokasi Umbul Ponggok sekitar 50 meter dari tugu ikan tersebut.

Gunakan GPS untuk meyakinkan posisi Anda, dan jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar.

Tiket Masuk


Perkirakan berapa uang tunai yang harus Anda bawa selama di Umbul Ponggok karena di sekitar lokasi belum terdapat ATM. Di bawah ini adalah tabel informasi biaya-biaya fasilitas di lokasi.

No Jenis Tiket Nominal Keterangan
1. Retribusi Rp8.000,00/org
2. Snorkel Rp13.000,00
3. Pelampung Rp7.000,00
4. Kaki Katak Rp7.000,00
5. Kamera Underwater Rp60.000,00/30mnt
Rp100.000,00/60mnt
6. Ganti Baju Rp1.000,00
7. Mandi Rp2.000,00
8. Parkir Roda 2 Rp2.000,00
9. Parkir Roda 4 Rp4.000,00
10. Paket Foto Grup Underwater Rp100.000,00/7org/60mnt
11. Foto Prewedding +- Rp2.000.000,00

air tawar jernih umbul ponggok

Fasilitas

Gazebo

Terdiri dari meja dan kursi santai, jadi jika tidak ikut berenang dapat beristirahat di sini sambil mengawasi anggota yang berenang.

Persewaan Alat Snorkeling

Wisata bawah air adalah spot unggulan tempat ini, jadi pastikan Anda memiliki setidaknya kacamata renang walaupun tanpa menggunakannya pun Anda masih tetap bisa melihat keindahan bawah air Umbul Ponggok.

Kolam Anak

Tersedia pula kolam kecil khusus untuk anak-anak bermain air.

Warung Makan

Tempat istirahat dilengkapi penjual yang menyajikan minuman dan makanan ringan maupun berat seperti mendoan dan kopi untuk menghangatkan badan setelah lama berendam dengan harga terjangkau.

Persewaan Kamera Underwater

Momen-momen ketika kita di bawah air Umbul Ponggok wajib diabadikan.

Persewaan Aksesori Foto

Nah, agar momen kamu di sini antimainstream, Anda dapat menyewa beberapa aksesoris untuk berfoto, diantaranya sepeda, laptop, becak, motor, tenda, dll.

Kamar Mandi

Tempat Anda berbilas setelah berendam, jumlahnya cukup banyak jadi pengunjung nyaman karena antrian sangat minim.

Loker Penitipan Barang

Anda juga tidak perlu khawatir dengan barang berharga Anda karena di sini tersedia loker penitipan barang.

Fasilitas di Umbul Ponggok sudah cukup lengkap, jadi kenyamanan pengunjung di sini terjamin.

Tips


- Lebih praktis menggunakan kendaraan pribadi (menyewa)
- Bawalah uang tunai lebih karena akses ATM jauh
- Selalu sedia payung apalagi saat musim hujan
- Pastikan baterai ponsel/kamera Anda terisi penuh
- Jika ingin lebih nyaman, berkunjunglah bukan pada hari libur
- Bawa alat snorkeling sendiri agar lebih bebas
- Momen foto underwater terbaik sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari
- Bagi yang tidak bisa berenang tetap bisa foto di bawah air
- Membawa kamera tahan air sendiri

Petualangan Bawah Air Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Reviewed by ApiIslam on Friday, June 24, 2016
Rating: 5

Post a Comment